Tulis Ayat Suci Al-Qur’an di Microsoft Word

25 11 2009

Sebelumnya mohon maaf, jangan tanyakan saya kapan akan menulis tentang artikel penerbangan lagi. Saya masih belum ada ide untuk menulisnya bagaimana. Kalau ide menulis tentang apa sebenarnya saya sudah banyak topik di benak saya sejak pertama kali menginjakkan kaki di Makassar, kota yang panas ini. Untuk sementara ikuti saja dulu :).

Bagi Anda yang muslim, mungkin pernah atau sedang merasakan sulitnya menyalin ayat-ayat suci Al-Qur’an untuk tujuan tertentu seperti pengajian, dll. Jika hanya menyalin 1 ayat pendek saja bukanlah suatu masalah berarti, tapi bagaimana jika menyalin 10 ayat, 100 ayat, bahkan lebih? Tentunya membutuhkan niat yang khusyu’ dan waktu yang panjang. Namun, sekarang ada cara yang lebih mudah dan hanya butuh waktu sekejap, salinan ayat suci Al-Qur’an (jika perlu termasuk terjemah dalam bahasa Indonesia) siap untuk dicetak. Bagaimana caranya? Ikuti tips berikut ini..

  1. Komputer. Hal pertama yang harus Anda miliki adalah satu set komputer yang kompatibel dengan Microsoft Word 2003 atau 2007, lengkap dengan monitornya :p. Jika tidak, Anda juga bisa pinjam (tapi ingat, minta ijin dulu sama yang punya :) ).
  2. Microsoft Word. Pada komputer yang Anda gunakan harus terinstall Microsoft Word versi 2003 atau 2007. Dalam hal ini saya menggunakan Microsoft Word 2007.
  3. Install Add-in. Sekarang install Add-in untuk Microsoft Word dengan Qur’an In Word di komputer Anda. Jika Anda belum punya Add-in Quran In Word, silahkan download gratis disini. Saya sudah menyediakannya. Extract hasil download Anda lalu jalankan aplikasinya.
  4. Buka Microsoft Word. Sekarang silahkan buka program Microsoft Word Anda, Anda akan dibawa ke New Microsoft Office Word Document.
  5. Menu Add-Ins. Perhatikan di Menu Bar bagian atas. Ada 1 menu tambahan di paling kanan. Ya, menu Add-ins. Klik menu Add-ins tersebut (Lihat gambar pertama no 1, klik untuk lihat lebih detil) dan Anda akan mendapatkan sebuah Menu Commands bernama Al-Quran.
  6. Tombol Al-Quran. Sekarang klik pada tombol Al-Quran dan pilih sesuai keinginan Anda. (Lihat gambar pertama no 2). Get Arabic+Translation untuk memasukkan ayat dalam teks arab, terjemahan dan tafsirnya (bahasa Indonesia tercinta :) ). Get Arabic untuk memasukkan ayat dalam teks arab saja. Get Translation untuk memasukkan terjemahan dan tafsirnya saja. About adalah info pembuat Qur’an In Word.
  7. Masukkan Ayat Suci Al-Qur’an. Setelah Anda klik salah satu menu Get diatas, pilih Surat dan ayat yang ingin dimasukkan, pilih bahasa terjemahan dan tafsir (hanya tersedia Bahasa Indonesia). Selanjutnya tekan OK. Ayat Suci Al-Qur’an sudah siap dicetak/print. (Hasil input saya bisa dilihat di gambar kedua no 3).
  8. Selesai. Sudah selesai? Belum! Sebagai penulis saya menganjurkan Anda untuk mendo’akan pembuat program ini dan yang menyampaikan tips :p atas kemudahan yang Anda dapat (Do’a yang baik lho ya.. :) )

Jika Anda menemui kesulitan silahkan tinggalkan komentar dibawah ya, InsyaAllah saya akan bantu sebisa saya.. :)

About these ads

Actions

Information

2 responses

25 03 2010
ilham

Assalaamu `alaikum warahmatullahi wabarakaatuhu
Word saya suda ada adds-in al qurannya tetapi ketika saya pilih satu menunya koq tidak keluar pilihan apapun? …Terima kasih

18 04 2010
Wahyu

Coba uninstall dulu add-in nya, trus download ulang, mungkin waktu download corrupted atau faktor yang lain. COba buka ke indowebster saja, cari disana, dan install lagi. Smoga membantu :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: