Proses Penerbangan Untuk Awam (Seri 1)

28 11 2009

Tahukah Anda tentang proses penerbangan? Atau sebelum itu (mohon maaf, tidak bermaksud apa-apa), pernahkah Anda menggunakan moda transportasi udara alias naik pesawat? Jika jawabannya adalah belum, jangan berkecil hati. Tulisan ini tepat untuk menambah pengetahuan Anda. Namun, Anda menjawab pertanyaan diatas dengan jawaban positif, tetap saja terus membaca, karena mungkin ada bagian yang bisa menambah pengetahuan Anda. Okay lads, here we go.

Beli Tiket. Sebelum menggunakan moda transportasi udara atau singkatnya naik pesawat, tentu tidak berbeda dengan moda transportasi umum yang lain, yang harus Anda miliki pertama kali adalah tiket, kecuali jika Anda keluarga pilot atau bahkan pemilik airlines :). Tiket (yang paling sederhana) berisi informasi tentang tujuan Anda dan tarifnya. Di tiket pesawat, informasi yang tersedia adalah nama penumpang, tarif (baik itu tarif pokok, fuel surcharge, dan tarif-tarif lainnya tetapi tidak termasuk tarif porter lho.. :) ), peraturan penerbangan untuk penumpang, dan sebagainya. Jadi intinya, beli tiket adalah langkah pertama proses penerbangan Anda. Dimana harus beli tiket? Masak harus saya jawab sih???! Namun demi memenuhi tuntutan judul, untuk orang awam, oke, akan saya jawab. Tiket bisa Anda dapatkan melalui konter-konter airline, agen-agen penjual tiket, dari keluarga Anda yang bekerja di lingkup penerbangan (suruh belikan) dan para calo di terminal :P. Yang terakhir saya sebutkan adalah penjual tiket yang tidak saya anjurkan untuk Anda.

Check-in Counter di Bandara Sam Ratulangi Manado

Check-In. Setelah Anda mendapatkan tiket Anda, di hari keberangkatan, Anda diminta untuk check-in. Di mana tempat check-in? Di check-in counter bandara keberangkatan Anda. Ingat, Anda akan menemui banyak check-in counter. Sesuaikan airline dan nomor penerbangan Anda yang ada di tiket dengan counter yang Anda tuju. Waktu check-in biasanya paling lambat adalah 2 jam sebelum keberangkatan, tapi untuk airline dan kelas tertentu bisa jadi ada perbedaan. Di check-in counter biasanya menyatu dengan penerimaan bagasi. Disini Anda bisa menyerahkan koper-koper berat Anda untuk dimasukkan bagasi. Petugas akan mencatat barang bagasi Anda dan memberikan nomor untuk claim bagasi Anda di bandara tujuan. Barang bagasi Anda sebaiknya sudah dikemas rapi dan seaman mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apa???! Anda diberi kertas oleh petugas check-in? Oh ya.. Itu adalah boarding pass. Boarding pass berisi informasi tempat duduk Anda di pesawat, ruang tunggu dan gate keberangkatan Anda. Boarding pass juga digunakan sebagai bukti untuk memasuki ruang tunggu dan sebelum memasuki pesawat. What?? Disuruh bayar? Ow.. Itu bukan pungli (pungutan liar,red), itu adalah airport tax, pajak bandara. Di bandara tertentu airport tax dibayarkan di check-in counter, tapi ada juga yang memiliki loket airport tax sendiri.

Waiting Room, Boarding. Setelah itu, bawa boarding pass Anda menuju ruang tunggu keberangkatan. Tunggu hingga ada panggilan untuk menaiki pesawat (boarding). Jika saat naik pesawat sudah tiba, ingat, nomor tempat duduk Anda ada di boarding pass. Cari tempat duduk Anda atau minta pramugari yang paling cantik dan seksi untuk memandu Anda :).

On Board. Di dalam pesawat, sesuai peraturan penerbangan, Anda akan dipertontonkan diberi demonstrasi dan disuruh membaca buku petunjuk dalam keadaan darurat oleh pramugari. Anda juga akan diberi informasi siapa Captain Pilot (Pilot In Command) yang bertugas dan ketinggian yang akan diterbangi tanpa menyebutkan ATC yang dinas :D. Perhatikan saja (hal positifnya!!), ikuti instruksinya dan berdo’a agar diberi keselamatan.

Landing. Sebelum tiba di tujuan, atau tepatnya beberapa saat sebelum mendarat, pramugari kembali akan memberi informasi kepada Anda, termasuk standar waktu di bandara tujuan dan perbedaan waktu dengan bandara keberangkatan Anda (jika ada). Bersiaplah untuk mendarat, berdo’a yang banyak. Sekedar informasi, kebanyakan kecelakaan pesawat terjadi pada saat proses pendaratan.

Baggage Claim. Setelah mendarat dan turun dari pesawat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah bersyukur, kiranya masih diberikan keselamatan. Selanjutnya, ayo jalan! Jangan menunggu pramugari yang tadi mengantar Anda. Berjalanlah menuju baggage claim area, tempat mengambil barang bagasi Anda tadi (jika ada). Lewat mana? Ikuti rambu-rambu yang ada, atau ikuti saja penumpang yang lain yang sudah tahu, atau tanya ke petugas bandara yang ada disekitar situ, atau,,,, kalo orangnya mau, minta saja pramugari yang tadi untuk mengantar Anda :P.

Congratulation. Get your baggage and get out. Ambil barang bagasi Anda, biasanya akan ada petugas yang mencocokkan nomor bagasi yang Anda bawa dengan nomor yang ada di barang bagasi Anda. Selanjutnya, temui keluarga Anda di luar. Dan selamat, Anda baru saja mengikuti proses penerbangan :).

Jika ada pertanyaan atau komentar, silahkan ketik dibawah. Sampai ketemu lagi di “Proses Penerbangan Untuk Awam (Seri 2)”. Saya akan menjurus ke proses yang sedikit lebih teknis, namun jangan khawatir, tetap untuk awam. Semoga bermanfaat :).

About these ads

Actions

Information

4 responses

1 01 2010
ed

kalo proses ke luar negri gimana?, kan musti pake passport tuh dan ngurus visa or fiskal jg yah kalo nggak salah..

9 01 2010
Wahyu

Betul pak, waduh mohon maaf, baru saya bahas yang domestic flight. Soalnya saya sendiri belum pernah ke luar negri.. hehe..
Tapi secara teori benar seperti itu pak, harus mengurus Passport dulu (sesuai keperluan), visa/fiskal, dll.
Maaf baru sempat jawab sekarang, banyak tugas di kantor jadi jarang online.. :)

30 05 2012
Hanna

saat check in apakah KTP diharuskan?

19 09 2012
Wahyu

KTP, ada beberapa airline yang mewajibkan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: