Beda Boeing 737-900ER dengan Boeing 737-800

30 11 2009

Suatu hari di Makassar yang panas, ketika saya sedang dinas di Sultan Hasanuddin Tower (frekuensi 118.1MHz) terjadi perdebatan serius di belakang saya. Ya, dari teman-teman ATC saya. Mereka memperdebatkan tipe pesawat yang baru saja mendarat. Pesawat yang baru mendarat adalah sebuah Boeing dengan tipe 737. Mereka berdua sependapat dengan hal ini. Lantas, apa yang diperdebatkan. Ternyata mereka berdebat mengenai seri dari Boeing 737 (selanjutnya saya singkat B737) tersebut. Kalau yang mendarat adalah B737 seri 200 tentunya sangatlah mudah untuk dikenali karena karakter mesinnya yang kecil dan suara nyaring. Satu dari teman saya berpendapat bahwa yang baru saja mendarat adalah B737 seri 300, satu lagi menganggap itu adalah B737 seri 400, dan satunya mengatakan B737 seri 500. Mana yang benar? Memang sulit untuk membedakan ketiganya, apalagi mereka tidak terbiasa sudah lama tidak dinas di Tower. Bahkan saya pun mengalami kesulitan untuk membedakannya. Akhirnya saya putuskan untuk melihat flight plan untuk mengetahui seri B737 tersebut. Dari flight plan tertulis B737 seri 300. Teman saya yang pertama jadi sumringah (senang,red) karena merasa tebakannya betul dari yang lain.

Karena saya masih penasaran tipe yang sebenarnya, cara termudah adalah menanyakan kepada pramugari pilot yang “membawa” pesawat tersebut. Setelah saya tanya, pilot menjawab bahwa pesawatnya adalah B737 seri 500. Teman saya yang pertama tidak jadi sumringah, berkebalikan dengan teman ketiga. Lho, data flight plan koq bisa salah? Tidak usah heran, hampir setiap saya dinas saya temui hal seperti ini. Misalkan flight plan yang saya terima adalah airline A menggunakan B737 seri 400 namun yang berangkat adalah B737 seri 200. Ada juga yang di flight plan menggunakan B737 seri 400 namun kenyataannya menggunakan MD-82. Namun yang paling sering adalah registrasi pesawat yang digunakan. Misalkan di flight plan menggunakan pesawat dengan registrasi PK-SMA tapi kenyataannya PK-SMP. Sudahlah, jangan ditanyakan lebih lanjut kenapa seperti ini. Akan panjang ceritanya :).

Kembali ke cerita awal. Setelah mengetahui ternyata yang mendarat tadi adalah B737 seri 500, salah satu dari ketiganya menyeletuk memberikan sebuah tebakan. “Apa beda B737 seri 900ER dengan seri 800?” katanya. Ada yang menjawab, “Jelas beda, dari angkanya saja beda”. Saya pun menyeletuk menjawab, “ukurannya yang beda, panjangnya, dan sebagainya”. Itulah yang saya tahu melalui data teknis yang pernah saya baca dari situs resmi Boeing. Ternyata, tebakan hanyalah tebakan, sesuatu yang dibuat untuk bercanda, dan tidak serius (maksudnya dibahas secara tidak serius). Jawabannya adalah (Anda tidak akan menduganya :) ), “kalo B737 seri 900ER gak dapet makan, kalo B737 seri 800 dapet, malahan minumnya boleh nambah..”. Kami pun tertawa bersama, mengingat airline A yang menggunakan B737 seri 900ER tidak memberikan apapun untuk dikonsumsi penumpangnya karena harga tiketnya juga lebih terjangkau, berbeda dengan Airline B yang menggunakan B737 seri 800 yang menyertakan konsumsi dalam pelayanan mereka dengan tiket yang lebih mahal tentunya.

Karakteristik Fisik B737 series (klik untuk perbesar)

Diluar dari itu semua, gambar di atas adalah alasan saya memberikan jawaban (yang lebih ilmiah) mengenai perbedaan B737 seri 900ER dengan B737 seri 800, walaupun hanya karakter fisiknya saja. Gambar tersebut saya kutip dari website resmi Boeing. Semoga bermanfaat. :)

Actions

Information

14 responses

30 11 2009
mutech

great site & nice due :D

1 12 2009
Wahyu

thx pal… :)

1 12 2009
Mutech

Ok you are welcome..

7 12 2009
imanbdo

Nah, sayangnya kadang yang pake 737-900ER harganya lebih mahal daripada yg pake 738. Jadi sering2 aja membandingkan kalo beli tiket, daripada nyesel ntar,, hehehe…

7 12 2009
Wahyu

hehehe.. betul juga sih… back to konsumen saja,, saya sedang di kubu netral.. :D

18 12 2009
Danang

membedakan 733/4/5, dilihat dari emergency windows 1 sisi (kiri/kanan), jika ada 2, cuma 1 kemungkinan yakni 737-400, jika cuma 1, ada 2 kemungkinan, 737-300 or 500 … membedakan antara keduanya lumayan sulit, jika diteliti lebih lanjut, 737-500 memiliki panjang fuselage lebih pendek (hampir sama dengan 737-200 cuma beda engine) dari pada 737-300.

19 12 2009
Wahyu

Terima kasih banyak mas danang sudah membagi infonya disini.. Bermanfaat buat saya mas, smoga juga dengan yang lain.. :)

18 01 2010
Jufri

pantesan terbang ke manado pake L*** 737-900ER ga dapet makan atau minum :(

eh pake Batavia Airbus 320 malah dapet snack :p

18 01 2010
Wahyu

bisa minta koq mas sama pramugarinya.. kan dibawain tuh.. :)

4 11 2011
dhani bin zain

mas, kalo lanjut nanya lagi, misal bagusan mana seri 800 ama 900ER, atau lebih canggih mana 800 ama 900ER, kalo liat serinya kayaknya 900ER ya mas?

18 02 2012
edrianyJIe

Assalamu Alaykum, Mas wahyu, senang menemukan blog anda.
Saya Jie, dan sekarang seorang mahasiswa tingkat akhir di salah satu universitas di bandung. saya sedang menyusun tugas akhir yang ada hubungannya dengan pesawat. saya ada beberapa pertanyaan tentang pesawat dan berharap semoga mas wahyu tidak keberatan membantu. saya boleh minta email mas wahyu?
Jazaka’Allah khair

wassalam.

12 09 2012
DeJON Aditya

klo ngebedain 737-900ER ama 800NG bisa dilihat dari emergency exit.klo seri 800NG ada dibelakang kokpit, sayap dan ekor.klo 900ER ada di blakang kokpit, sayap, ekor dan diantara sayap dan ekor masih ada 1 emergency exit.

19 09 2012
Wahyu

@edrianyJIe: Silahkan kontak saya via facebook mas, maaf lama sekali responnya, jarang buka blog.
@DeJON: thx bro,,

22 10 2012
josep

adalagi yg membedakan antara 900ER dg 800ER,kalau yg 900 sering pindah GATE: misal sudah lama nunggu di gate “…A” giliran sdh mau brkt dialihkan ke GATE yg lain…hehehehehehe

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

