Mau terbang ke Manado? Baca Notam dulu ya… (up date @ 12 Maret 09)

9 12 2008

Sebagai seorang ATC di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, saya ingin semua khalayak penerbangan khususnya pilot yang nantinya saya pandu bisa terlebih dahulu mengetahui keadaan di Bandara Sam Ratulangi. Memang sebenarnya tugas ini biasanya sudah di-cover oleh flight operation officer (FOO) airline atau disampaikan oleh personil di briefing office (BO) bandara setempat kepada pilot yang akan terbang. Namun,ย  untuk pilot yang terbang ke Manado, sesuai pengalaman saya memandu, banyak yang tidak tahu mengenai keadaan bandara tujuan (dalam hal ini Manado). Hampir setiap pilot yang menerbangkan pesawatnya, jika ada notam baru (khusunya yang esensial), jika ditanya oleh pemandu lalu lintas penerbangan menjawab belum tahu tentang notam baru. Artinya, entah pilot tersebut belum tahu, belum mendapat briefing, atau yang lainnya. Untuk itu, mungkin jika Anda seorang yang berkepentingan (Pilot, FOO, dll) dengan yang saya tulis ini, berikut saya sampaikan Notam yang aktif di Bandara Sam Ratulangi Manado. Semoga bermanfaat.

Jika ada komentar, jangan sungkan-sungkan untuk menulis dan kirim. Saya akan menampung apa yang Anda sampaikan. InsyaAllah artikel ini (berkaitan dengan Notam-nya) akan saya update terus. Terima kasih.

Active NOTAM Sam Ratulangi Airport – Manado (WAMM)

A0249/08
0802260658/0808172359 EST
VOR/DME ‘MWB’ FREQ 114.8MHZ/CH-95X CLASSIFIED AS RESTRICTED DUE TO TERRAIN COND. VOR UNUSEABLE IN THE FLW AREAS :
– RADIAL 220 CCW 170 BEYOND 40NM BLW 7,000FT
– RADIAL 350 CCW 330 BEYOND 40NM BLW 8,000FT
– RADIAL 280 CCW 270 BEYOND 40NM BLW 9,000FT
– RADIAL 060 CCW 040 BEYOND 40NM BLW 9,000FT
– RADIAL 160 CCW 130 BEYOND 40NM BLW 11,000FT
– RADIAL 080 CCW 070 BEYOND 40NM BLW 12,000FT
– RADIAL 030 CCW 000 BEYOND 40NM BLW 13,000FT
– RADIAL 120 CCW 090 BEYOND 40NM BLW 13,500FT

A0250/08
0802260700/0808172359 ET
VOR/DME ‘MNO’ FREQ 114.2MHZ/CH-89X CLASSIFIED AS RESTRICTED DUE TO TERRAIN COND. DME UNUSEABLE IN THE FLW AREAS :
– RADIAL 020 CCW 290 BEYOND 40NM BLW 7,500FT
– RADIAL 290 CCW 210 BEYOND 40NM BLW 11,000FT
– RADIAL 210 CCW 145 BEYOND 40NM BLW 12,500FT
– RADIAL 145 CCW 125 BEYOND 40NM BLW 19,000FT
– RADIAL 125 CCW 050 BEYOND 40NM BLW 15,000FT
– RADIAL 050 CCW 020 BEYOND 40NM BLW 23,000FT

A0877/08
0806300000/0812311000 EST
DLY 2200-1000
RWY 18/36 OPR BUT CTN ADZ DUE TO BIRD STRIKE ARROUND RWY

A1002/08
0807240812/0812312359 EST
THE STRENGTH OF APRON AS FLWS :
1. PARKING STAND NR 1,2A,2B,3 STRENGTH PCN 60/F/C/X/T AVBL FOR DC10, A300 OR BLW AND AVBL AVIOBRIDGE. PARKING PSN NOSE IN.
2. PARKING STAND NR 4 AND 5 STRENGTH PCN 72/F/C/X/T AVBL FOR DC10, A300 OR BLW. PARKING PSN NOSE IN.
3. PARKING STAND NR 6,7,8,9,10 STRENGTH PCN 72/F/C/X/T AVBL FOR B737 OR BLW. PARKING PSN NOSE IN.
4. PARKING STAND NR 11,12,13 STRENGTH PCN 72/F/C/X/T AVBL C212 OR BLW. PARKING PSN HEADING TO NORTH.
5. PARKING STAND NR 10,12,13 UNOCCUPIED.
6. PARKING STAND NR 1 UNTIL 9 PSN NOSE IN WITH PUSH BACK.
7. ALL ACFT BEFORE PARKING FLW BY MARSHALLER.

A1004/08
0807250118/0812312359 EST
RESA NOT AVBL

A1048/08
0808010654/PERM
REF AIP INDONESIA VOL II PAGE WAMM AD 2-6 SUB PART WAMM AD 2.18 ATS COMM FACILITIES, WAMM AD 2.24-1, WAMM AD 2.24-10C, 10D. FREQ RATULANGI TWR SHOULD BE READ 118.1

A1118/08
0808130300/PERM
FIRE FIGHTING AND RESCUE CHANGED TO CAT VIII

Note:

All nav aid operate normally

Parallel twy is now open


Actions

Information

9 responses

2 03 2009
bangpay

gak mudeng tapi keren juga sharing info ginian.. salam kenal saja… kebetulan saya pernah mondar-mandir manado…

12 03 2009
wahyuatcmanado

^^ thnx bangpay udah mampir.. kalo mau memperdalam ilmu ginian saya siap bantu๐Ÿ™‚

13 06 2009
mustanx

waaahyuuuu

14 08 2009
Martsyeko

Wiiih mantep mas…

BTW jadi ATC ya di WAMM??

Ntar saya coba deh ngontrol di WAMM secara virtual heheh (kalo trafficnya mau ke WAMM)

ohya mang para pilot sering ngak baca NOTAM ya??
Berarti itu Baca NOTAM ngak wajib ya aturanya mas??

Thanks…

14 08 2009
Martsyeko

ohya saya juga member Indoflyer heheh mas juga di IF?? ohya saya juga gabung di ivao.aero

16 10 2009
wahyuatcmanado

Betul mas, sekarang udah pindah ke WAAA๐Ÿ™‚
Pilot? Pengalaman sih begitu mas,, NOTAM dah terbit 2 hari masih aja ada yang gak copy.. (tapi beberapa aja.. hehe) makanya tak tulis di blog. NOTAM seharusnya disampaikan oleh petugas briefing office kepada pilot.
Saya belum bergabung dengan IF or IVAO mas.. makasih udah mampir, ngasih komen lagi..๐Ÿ™‚

4 09 2010
habsy

mas makasih banyak in fonyaa,, kebetulann saya lagi sekolah foo ya baru berjalann
3 minggu..
klu boleh tahu … mau tanyaa … mengenaii . .. FIR … N IVR.
THANKS B 4

13 09 2010
Wahyu

Kalo saya jelasin disini bisa agak panjang,, Nanti saya bikinkan artikel khusus saja ya.. Smoga sukses sekolahnya.. FOO asyik tuh, banyak ngitung2nya. Smoga sukses..๐Ÿ™‚

18 04 2012
Raynorth Abraham

Bang Wahyu…thank for share. Bagus.
Saya sedang mempelajari karakteristik/profil bandara SAMRAT..soalnya lagi skripsi dan angkat topik implementasi RNP yg baru saja di pelopori Lion Air di bandara SAMRAT.
Nah ada sedikit terkait juga dgn komunikasi data di ground maupun di pesawat.
So..bisa kah saya di bantu.
Nanti send alamat email n CP Bang Wahyu ke email ku bisa..?

Em: northsiregar@gmail.com

Makasih sblmnya Bang ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: