2012 Kiamat

24 11 2009

Kali ini posting saya agak OOT (dari dunia penerbangan) soalnya saking maraknya film baru yang berjudul 2012 di mana-mana. Dalam film ini dikisahkan bahwa pada tahun 2012 terjadi sebuah bencana yang sangat dahsyat. Mulai dari gempa bumi, ups bukan, mungkin lebih ekstrim lagi bumi merekah dimana-mana, gelombang tsunami yang sangat-sangat-sangat besar menyapu seluruh permukaan bumi, dan lain sebagainya. Benarkah tahun 2012 nanti akan terjadi seperti ini? Apakah Anda percaya atau tidak? Yang jelas menurut pendapat saya, ambillah hikmahnya. Bagaimanapun juga sang pembuat film sedang untung besar karena di bioskop-bioskop selama seminggu (bahkan lebih) masih banyak sekali peminat film ini dengan dasar penasaran. Pembuat film ini sangat cerdas memadukan isu (namun ilmiah) yang sedang gencar dibicarakan ilmuwan saat ini dengan special effect yang sangat menarik. Apakah isu tersebut? Isunya adalah bahwa planet kita ini akan ditabrak sebuah planet misterius bernama planet x (planet ke 10) yang disebut juga planet nibiru. Silahkan searching di google dan youtube deh dengan keyword kata-kata tersebut. Kalo Anda baru tahu, Anda akan sama tekejutnya dengan saya ketika pertamakali melihat dan membaca ceritanya. Saya juga membaca sebuah ebook dari blog surabayamuda.com (judulnya: akankah bumi kiamat karena planet x) yang menjelaskan panjang lebar mengenai teori ilmiah dan ramalan suku maya tentang hal ini, dan semuanya berujung pada: 2012 kiamat!!

2012 kiamat!!!

2012 kiamat

Sebenarnya saya tidak ingin membahas mengenai film tersebut, atau kiamat akan terjadi tahun 2012 atau tidak. Yang jelas saya hanya mengingatkan kembali (bagi yang lupa) dan memberi tahu (bagi yang belum tahu) khususnya bagi Anda yang beragama sama dengan saya, Islam. Pertanyaan mengenai kiamat diatas akan terjawab dengan sangat mudah. Ingat pedoman kita adalah Al-Qur’an dan Hadits. Berikut saya akan memberikan beberapa hadits Rasulullah SAW tentang kiamat. Tapi sebelumnya saya mohon, jika ada kesalahan mohon tegur saya, dan bila ada tambahan silahkan disampaikan.

  1. Seorang Arab Badui bertanya, “Kapankah tibanya kiamat?” Nabi Saw lalu menjawab, “Apabila amanah diabaikan maka tunggulah kiamat.” Orang itu bertanya lagi, “Bagaimana hilangnya amanat itu, ya Rasulullah?” Nabi Saw menjawab, “Apabila perkara (urusan) diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat.” (HR. Bukhari)
  2. Mendekati kiamat akan terjadi fitnah-fitnah seolah-olah kepingan-kepingan malam yang gelap-gulita. Seorang yang pagi hari beriman maka pada sore harinya menjadi kafir, dan orang yang pada sore harinya beriman maka pada pagi harinya menjadi kafir, dia menjual agamanya dengan (imbalan) harta-benda dunia. (HR. Abu Dawud)
  3. Belum terjadi kiamat sehingga orang-orang dari umatku kembali menyembah berhala-berhala selain Allah. (HR. Abu Dawud)
  4. Belum terjadi kiamat sebelum seorang yang melewati kuburan berkata, “Alangkah baiknya sekiranya aku di tempat orang ini.” (Maksudnya, dia ingin mati dan tidak ingin hidup karena beban berat yang selalu dihadapinya). (HR Bukhari)
  5. Belum akan terjadi kiamat sehingga anak selalu menjengkelkan kedua orang tuanya, banjir di musim kemarau, kaum penjahat melimpah, orang-orang terhormat (mulia) menjadi langka, anak-anak muda berani menentang orang tua serta orang jahat dan hina berani melawan yang terhormat dan mulia. (HR. Asysyihaab).
  6. Belum akan kiamat sehingga tidak ada lagi di muka bumi orang yang menyebut : “Allah, Allah.” (HR. Muslim)
  7. Belum akan datang kiamat sehingga seorang membunuh tetangganya, saudaranya dan ayahnya. (HR. Bukhari)
  8. Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba membangun dan memperindah masjid-masjid. (HR. Abu Dawud)
  9. Di antara tanda-tanda kiamat ialah ilmu terangkat, kebodohan menjadi dominan, arak menjadi minuman biasa, zina dilakukan terang-terangan, wanita berlipat banyak, dan laki-laki berkurang sehingga lima puluh orang wanita berbanding seorang pria. (HR. Bukhari)
  10. Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba dengan bangunan-bangunan yang megah. (HR. Bukhari)
  11. Belum akan tiba kiamat sehingga merajalela ‘Alharju’. Para sahabat lalu bertanya, “Apa itu ‘Alharju’, ya Rasulullah?” Lalu beliau menjawab,”Pembunuhan… pembunuhan…” (HR. Ahmad)
  12. Belum akan tiba kiamat melainkan matahari akan terbit dari Barat. Jika terbit dari Barat maka seluruh umat manusia akan beriman. Pada saat itu tidak bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  13. Belum akan tiba kiamat sehingga harta banyak dan melimpah, dan orang ke luar membawa zakat hartanya tetapi tidak ada yang mau menerimanya, dan negeri-negeri Arab kembali menjadi rerumputan hijau dengan sungai-sungai mengalir. (HR. Muslim)
  14. Tibanya kiamat atas makhluk-makhluk yang jahat. (HR. Muslim). *Penjelasan: Saat kiamat tiba, tidak ada lagi orang yang beriman. Jadi yang ditimpa azab kiamat ialah orang-orang yang jahat.
  15. Saat akan tiba kiamat, jaman saling mendekat. Satu tahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu, seminggu seperti sehari, sehari seperti satu jam dan satu jam seperti menyalakan kayu dengan api. (HR. Tirmidzi). *Penjelasan: Jika kiamat tiba maka rotasi bumi makin cepat. Kalau rotasi sekarang 1000 mil per jam, maka dapat diperkirakan pada hari kiamat tujuh kali atau dua belas kali bahkan lebih.
  16. Demi yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya. Tiada tiba kiamat melainkan telah merata dan merajalela dengan terang-terangan segala perbuatan mesum dan keji, pemutusan hubungan kekeluargaan, beretika (berakhlak) buruk dengan tetangga, orang yang jujur (amanat) dituduh berkhianat, dan orang yang khianat diberi amanat (dipercaya). (HR. Al Hakim)
  17. Belum akan tiba kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan orang-orang Yahudi. Kaum muslimin membunuh mereka dan mereka bersembunyi di balik batu dan pohon-pohonan. Lalu batu dan pohon-pohon berkata, “Wahai kaum muslimin, wahai hamba Allah, ini orang Yahudi di belakang saya. Mari bunuhlah dia.” Kecuali pohon “Gharqad” yang tumbuh di Baitil Maqdis. Itu adalah pohon orang-orang Yahudi. (HR. Ahmad)
  18. Orang-orang ahli (Laailaaha illallah) tidak akan mengalami kesepian tatkala wafat, saat di kuburan dan ketika dibangkitkan. Seolah-olah aku melihat mereka ketika dibangkitkan (pada tiupan sangkakala yang kedua). Mereka sedang menyingkirkan tanah (pasir) dari kepala mereka seraya berkata, “Alhamdulillah, yang telah menghilangkan duka-cita dari kami.” (HR. Abu Ya’la)
  19. Kamu akan dibangkitkan pada hari kiamat tanpa sandal, telanjang bulat dan tidak dikhitan. Aisyah bertanya, “Ya Rasulullah, laki-laki dan perempuan saling melihat (aurat) yang lain?” Nabi Saw menjawab, “Pada saat itu segala urusan sangat dahsyat sehingga orang tidak memperhatikan (mengindahkan) hal itu.” (Mutafaq’alaih)
  20. Didatangkan kebaikan-kebaikan (pahala) dan kejahatan-kejahatan (dosa) seorang hamba, lalu saling mengikis dan bila masih tersisa kebaikan (pahala) itu Allah akan melapangkannya untuk masuk surga. (HR. Bukhari)
  21. Seorang anak Adam sebelum menggerakkan kakinya pada hari kiamat akan ditanya tentang lima perkara: (1) Tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya; (2) Tentang masa mudanya, apa yang telah dilakukannya; (3) Tentang hartanya, dari sumber mana dia peroleh dan (4) dalam hal apa dia membelanjakannya; (5) dan tentang ilmunya, mana yang dia amalkan. (HR. Ahmad)
  22. Amal seseorang tidak dapat menyelamatkannya. Seorang sahabat lantas bertanya tentang sabda tersebut, “Termasuk engkau juga, ya Rasulullah?” Rasulullah lalu menjawab, “Ya, aku juga, kecuali dikarunia Allah dengan rahmat-Nya. Walaupun demikian kamu harus berbuat yang benar (baik).” (HR. Bukhari dan Muslim)
  23. Yang pertama diadili antara manusia pada hari kiamat ialah kasus pembunuhan. (HR. Muslim)

Sumber: 1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) – Dr. Muhammad Faiz Almath – Gema Insani Press

Bacalah hadits-hadits diatas. Yang saya miringkan adalah yang berkaitan dengan tanda-tanda kiamat dan selain itu adalah yang berkaitan dengan kiamat. Dari hadits-hadits tersebut, beberapa diantaranya sudah kita temui saat ini, yang artinya tanda-tanda kiamat sudah bermunculan. Kita sudah dekat dengan akhir jaman.

Sebenarnya masih banyak yang lain yang berkaitan dengan kiamat, bahkan dari Al-Qur’an belum bisa saya masukkan disini. Jika Anda berkenan membagi ilmu berupa tulisan silahkan email ke saya untuk saya publish disini. Semoga bermanfaat!🙂

2012 kiamat? Wallohu’alam bishshawab.. Ambillah hikmahnya, paling tidak Anda akan lebih banyak mengingat mati sekarang. Semakin banyak mengingat mati (baca: kembali ke Sang Maha Pencipta) semakin baik untuk kita semua. Semoga kita semua mati dalam keadaan khusnul khatimah.. Amiin…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: