Bahasamu Bahasaku

29 11 2009

Teman-teman sekalian, sesuai judul, Bahasamu Bahasaku, kali ini saya akan memberikan tips bagaimana kita bisa mengetahui dan menggunakan bahasa asing dari beberapa negara di belahan dunia yang fana ini😛. Ya, lagi-lagi tidak ada hubungannya dengan penerbangan, tapi silahkan dihubungkan sendiri deh🙂. Saya yakin saat ini sudah banyak yang mengetahui tips ini, namun saya yakin juga masih banyak yang belum tahu, termasuk beberapa teman ATC saya. Tips ini seringkali saya gunakan ketika saya berkumpul di suatu chat room yang isinya orang-orang dari berbagai negara, salah satunya adalah ketika bermain zynga poker di facebook. Suatu ketika saya bermain dengan salah satunya adalah orang Belanda hingga dia mengatakan “lui spelen weer geen geluk“. Saya lihat chip-nya habis (chip adalah koin yang digunakan dalam poker), tetapi apa yang dia katakan? Jangan-jangan berkata jelek terhadap saya. Lantas bagaimana cara saya mengetahui si bule tadi ngomong apa?? Simak tips berikut..

Google Translate

  1. Buka kamus sesuai orang tersebut berbicara dengan bahasa apa. Tips ini berlaku jika Anda punya kamus dari seluruh dunia dan yang lebih penting Anda mau bercapek-capek mencari di kamus😀.
  2. Bagi Anda yang tdak punya kamus seperti nomor 1, atau jika Anda masuk dalam kategori orang di nomor 1 yang sudah frustasi dengan kamus Anda😛, kabar baik untuk Anda, biarlah google yang melakukan penerjemahan untuk Anda. Buka google translate melalui link ini.
  3. Anda akan dihadapkan sebuah halaman translate. Dari sini sebenarnya saya yakin Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan. Tapi demi formalitas🙂, saya akan lanjutkan menulis. Sekarang copy apa yang diucapkan si bule dan paste di kotak kosong tempat mengisi teks.
  4. Pilih arah terjemahan dari bahasa yang digunakan si bule, dalam hal ini saya tahu dia bule dari Belanda maka saya pilih Dutch menuju bahasa Indonesia tercinta, diikuti [enter] atau klik translate. Dan voila!! saya dapatkan artinya bahwa si bule sudah tidak mau bermain lagi karena sedang tidak beruntung.
  5. Namun bagaimana jika Anda tidak tahu bule tersebut menggunakan bahasa apa? Tenang, pada arah translate masukkan Detect language di kolom sebelah kiri, dan bahasa Anda di sebelah kanan.
  6. Untuk menjawab, Anda tidak perlu beberapa klik untuk membalikkan arah terjemahan dari Indonesian ke Dutch. Cukup 1 kali klik di tulisan swap, arah terjemahan akan otomatis bertukar tempat.
  7. Selanjutnya saya tuliskan, “jangan menyerah, habiskan semua chip anda”, klik translate dan voila!! saya dapatkan kalimat yang pas untuk menjawab si bule.
  8. Copy hasil translate dan paste di chat box, dan si bule pun tersenyum.

No comment🙂

Tips ini juga bisa Anda gunakan untuk menterjemahkan suatu web ke bahasa Anda, atau untuk menterjemahkan dokumen yang Anda miliki ke bahasa Anda asalkan bahasa Anda termasuk bahasa yang diakomodasi oleh google translate. Impelemntasinya bisa dilihat di kanan atas halaman ini, Anda melihat beberapa lambang bendera untuk menterjemahkan halaman ini sesuai bahasa yang Anda pilih. Bisa juga untuk bergaya mengisi status Anda di facebook dan membuat teman Anda bingung🙂. (Namun jangan tanya saya apakah bahasa Banyuwangi (bahasa osing) atau Jawa bisa diterjemahkan atau tidak, yang jelas sejauh ini google translate belum mengakomodasi bahasa-bahasa tersebut😀 ). Semoga bermanfaat!


Actions

Information

4 responses

3 12 2009
Emira

Trimakasih pak tipsnya..

3 12 2009
Wahyu

trimakasih kembali mbak.. smoga bermanfaat..🙂

4 01 2010
cahyo

tks mas wahyu salam kenal..ini sangat membantu saya

9 01 2010
Wahyu

Terima kasih kembali mas.. senang bisa membantu.. salam kenal juga..🙂
Maaf baru sempat jawab sekarang, banyak tugas di kantor jadi jarang online..

Leave a Reply

